Jenis komik : Seputar Komik Part III


Berbicara dengan komik, tentu Anda akan sangat familiar dengan kata tersebut, bukan? Betapa tidak, dari sejak Anda kecil hingga sekarang, pastilah Anda telah akrab dengan bacaan tersebut. Mungkin, Anda merupakan seorang maniak komik? Jangan langsung menduga kalau komik hanya berasal dari Jepang saja, sebab jenis komik di dunia sangat beragam.

Komik dari Amerika

Yang pertama adalah komik dari Negara Barat atau yang lebih akrab dikenal dengan nama Western Comic. Komik yang satu ini mempunyai penggemar tersendiri di negeri asalnya. Komik dari Amerika mempunyai dua kekuatan besar, yaitu komik keluaran DC serta komik keluaran Marvel.

Anda yang pecinta komik DC maupun Marvel, pasti sudah tidak asing lagi dengan tokoh-tokoh ciptaan kedua kekuatan komik tersebut, bukan?

Yang menjadi ciri komik Amerika adalah, ceritanya yang selalu menokohkan super hero. Yang memiliki kekuatan hebat dan tentu bertenaga super. Ada banyak tokoh-tokoh superhero komik DC dan Marvel, yaitu Superman si manusia baja, Spiderman si manusia laba-laba, Iron Man si manusia besi, Hulk si manusia raksasa, Cat Woman si wanita bertopeng dan masih banyak lagi tokoh-tokoh superhero lainnya.

Komik dari Jepang

Beralih ke timur, ada sebuah Negara yang dapat dikatakan sebagai pasar komik terbesar di Asia, yakni Jepang. Di Jepang sendiri, komik dikenal dengan nama manga. Yang beredar secara nasional dan bahkan internasional.

Berbeda dengan komik Amerika yang lebih menonjolkan kepahlawanan atau kisah heroik. Komik Jepang lebih mengutamakan karakter dan jalan cerita yang unik dan menarik. Tentu Anda tidak asing dengan beberapa komik Jepang, bukan?

Ada beberapa komik Jepang yang bagus untuk Anda koleksi. Ada Naruto si remaja ninja yang mencoba menjadi seorang hokage, Bleach seorang remaja laki-laki yang belajar menjadi shinigami, One Piece seorang manusia karet yang berambisi menjadi seorang raja bajak laut, serta mendapatkan harta karun paling terkenal di dunia yaitu One Piece.

Komik Indonesia

Setelah asyik menjelajah ke luar negeri, jangan anggap remeh dengan bumi pertiwi ini. Sebab, Indonesia memiliki beberapa komik yang dapat dibanggakan dalam dunia perkomikan nasional.

Komik Indonesia sangat berbeda dengan dua komik sebelumnya, komik Indonesia lebih mengutamakan cerita wayang yang sangat terkenal di masyarakat. Sebut saja Petruk, Gareng, Bagong dan sebagainya. Tidak hanya itu saja, bahkan beberapa komikus muda mengembangkan cerita Gatot Kaca dan Gadjah Mada menjadi tokoh komik mereka.

Tentu saja, bukan tidak mungkin kalau perkomikan Indonesia akan melampaui atau paling tidak menyamai kedua kekuatan komik dunia tersebut. Bahkan tambahan lagi, ada sebuah komik asli buatan Indonesia yang mendapat apresiasi lebih yakni komik Hercules: The Thracian War, Zantoro: Siluman Belati, dan Putri Bintang. (-aa-)

0 Response to "Jenis komik : Seputar Komik Part III"

Posting Komentar

Pembaca baik dan bijak, meninggalkan jejak untuk perbaikan penulis. Tuliskan komen dan kritik kamu di bawah ini, atau kamu bisa komen via Facebook Comment