Solusi Memunculkan Smiley pada Komentar

Muter-muter cari cara buat pasang smiley icon komentar, eh tapi gagal terus. Semua cara udah dicoba. Berulang kali ganti, edit, copas code dari weblog demi weblog, Eh tetep saja hasilnya ga memuaskan. Smileynya ga muncul-muncul juga. Heran dengan semua ini, akhirnya aku nekat. Dengan sedikit pengetahuan tentang script HTML dan sebangsanya, aku mencoba tuk otak atik lay-out blog ini.


Replace code pun berulang kali dilakukan. Kalau berdasar info dari beberapa blogger, script ini
<script src='[URL]/smiley.js' type='text/javascript'/>
harus diletakkah sebelum tag </body> maka aku mengubahnya meletakkan setelah tag <body>. Sebuah hal yang aneh bukan? Dalam pemikiranku saat itu, aku pikir kalau di letakkan di paling akhir, script tersebut akan lolos dari eksekusi script (pemikiran yang aneh ^^') Pemikiran ini tak membuahkan hasil.

Akhirnya ku putuskan untuk mengubah script tersebut menjadi :
<script src='[URL]/smiley.js' type='text/javascript'/></script>
dan aku letakkan diantara <head> dan </head>, tepatnya setelah tag <title>...</title>. Aku pikir cara ini akan berhasil. Dengan pemikiran kalau script yang telah di edit itu memiliki kesamaan dengan script "facebox.js" berikut:
<script src='http://xxxx/dfacebox.js' type='text/javascript'></script>
Script tersebut pernah aku pakai di blog lainnya untuk pesangan facebox di blog. Tapi sayangnya, pemiliran ini masih saja belum membuahkan hasil.

Kenapa itu bisa terjadi? Usut punya usut, ternyata aku ga sendirian. Blogger lain pun ada yang mengalami kegagalan serupa.. lay-out pun menjadi kambing hitam dalam masalah ini. Banyak yang bilang memang pemasangan Smiley icon di kotak komentar ini tergantung pada kecocokan dengan lay-out blogger yang dipakai. Jelas ini tidak memuaskan. Akhirnya aku coba dengan blog-blog ku yang lain dngan layout yang berdeda pula. Tetap saja script yang aku copy dari salah satu blog tak kunjung menunjukkan keindahannya.

Bosan dengan keadaan ini. Aku berpikir kenapa aku ga pernah berhasil? Akupun berinisiatif dan bertekat untuk mengotak-atik file script JS yang dihubungkan dengan Smileynya. Aku copy URL Smyley.js dan paste ke address bar. Betapa terkuejutnya aku (ih, lebay..) Ternyata URL menuju JS itu tidak valid! Pantas saja usahaku gagal terus. it's mean that the JS file is not exist! (Sok banget nih bahasanya ^^')

Akhirnya, aku berusaha mencari file Smiley.js yang benar-benar Valid. Cara ngecek valid atau tidaknya, aku gunakan cara simple saja. Tinggal copy URL File JS yang ada di script. Kalau browser menemukan file JS-nya maka akan muncul tampilan save as atau browser akan mencoba membuka file JS tersebut dan menampilkannya dalam bentuk text pada tampilan browser. Ngerti kan maksudnya?

Jadi, kalo kamu juga mengalami hal yang sama. Coba cek lagi deh, apakah file JS dari smiley itu bener-bener ada dan bisa dijalankan. Kalau emang ga ada, co deh ganti URLnya dengan file JS yang valid. Kalo Edi sendiri sih udah pake punya orang yang nyata-nyata terbukti valid.
Semoga ni bisa membantu temen-temen blogger lainnya ya... kalau emang ga berhasil juga, berarti bener kata blogger lain yang mengatakan smiley ini berdasarkan kecocokan dengan template atau lay-out bloggernya ^^'

Kalau mau tau cara pasang smiley ini di kotak komentar kamu, silakan klik disini.
NB: Maaf, URL dalam Script Sengaja disamarkan demi menjaga reputasi URL Blogger yang memberikan HTML source code untuk pemasangan Smiley tersebut.

1 Response to "Solusi Memunculkan Smiley pada Komentar"

Pembaca baik dan bijak, meninggalkan jejak untuk perbaikan penulis. Tuliskan komen dan kritik kamu di bawah ini, atau kamu bisa komen via Facebook Comment