Laptop di Bawah Rp 1 juta Segera Diproduksi

Untuk Program Satu Anak Satu Laptop di Negara Miskin

SEATTLE Sebuah organisasi nirlaba bernama One Laptop Per Child menggandeng perusahaan pembuat chip, Marvell Technology Group Ltd. untuk memproduksi laptop yang akan dijual dengan harga di bawah USD 100. Laptop yang jika dirupiahkan harganya di bawah Rp 1 juta itu akan ditujukan pada anak-anak di negara miskin.

Laptop pabrikan Marvell itu akan mengacu pada design laptop jenis Moby, komputer tablet yang pernah dibuat Marvell. Pihak Marvell mengumumkan bahwa satu produk yang dibuat tahun ini harganya sekitar USD 99.

Nicholas Negroponte, pendiri lembaga nirlaba One Laptop Per Child, merasa optimis organisasinya aan mampu menjaga harga di bawah USD 100, karena Marvell telah merencanakan untuk memasarkannya secara luas di sekolah-sekolah dan lembaga kesehatan. "Kami ingin melihat harganya turun ,dan jumlah adalah kunci program ini," ujar Negroponte seperti dikutip Associated Press, Kamis (27/5).

Sementara pendiri Marvell, Weili Dai, menyatakan bahwa pihaknya akan mencari jalan untuk memangkas harga dalam rangka membantu program itu. Pada 2005, Negroponte memiliki visi untuk membuat 100 juta laptop murah dalam kurun waktu dua tahun. Kini, sudah dua juta laptop murah yang sudah digunakan.

Negroponte menambahkan, laptop di bawah harga USD 100 itu akan dipamerkan pada COnsumer Electronics Show International, Januari mendatang. (ara/jpnn)

0 Response to "Laptop di Bawah Rp 1 juta Segera Diproduksi"

Posting Komentar

Pembaca baik dan bijak, meninggalkan jejak untuk perbaikan penulis. Tuliskan komen dan kritik kamu di bawah ini, atau kamu bisa komen via Facebook Comment