Mengganti tampilan kursor di blogger

Akhirnya, muncul juga kursor kreasi 'sang Edi' di blog kita tercinta ini. Ini suatu hal yang membanggakan tentunya. Setelah sekian lama menggunkan blog dengan kursor yang itu-itu saja alias monoton. Hehehe.. Dan maka dari itulah aku mencoba mengulik isi HTML dari blog ini. Hahaha... Lebay! Hm.. sebenernya sih bukan hanya berdasarkan mengulik, tapi juga dengan referensi dari teman-teman blogger lainnya. Tapi sayangnya kursornya ga muncul-muncul juga. Sampe akhirnya da salah satu blog yang ngasih script and tutorial yang sedikit berbeda. Dan aku coba, eh ternyata berhasil loh.. :)

Okay, kalo kamu punya blog and berencana mengubah tampilan kursor di blogmu, mungkin ini bisa sedikit membantu kamu. Kalaupun ini ga membantu kamu, setidaknya aku udah share apa yang aku lakukan buat kamu. Hehehe..

Saat mendari informasi tentang penggantian kursor ini, ternyata udah banyak blogger yang ngebahas ini. Tapi yang aku heran, eh malah di blog yang aku baca itu ternyata masih menggunakan kursor standart alias default from komputer. Hm.. Kayaknya kurang pas, kalo yang ngasih tutorial ternyata kursor di blognya masih edeisi standart. Makanya, edi selalu berusaha menampilkan apa yang aku bikin tutorial ini dalam blogKu sendiri. Biar lebih pas and Mantabb!

Step utama kalo kamu pengen nampilin kursor sendiri, tentu kamu harus punya kursornya kemudian upload di web hosting dan pasang di blog kamu, kemudian lihat hasilnya.

Ah, terlalu banyak bacot! Ayo kita mulai pada step yang paling dasar yaitu membuat desain kursornya. untuk pembuatan kursor ini aku serahkan sepenuhnya sama kamu. Tergantung dari kreasimu. Untuk masalah image editing pun itu juga terserah kamu. Yang penting adalah ada filenya dan bisa digunakan. Kalo aku sendiri menyarankan pake image editor Photoshop, GimP, atau Macromedia Firework. Kenapa? Karena editor gambar itu bisa membuat gambar png atau gif dengan background transparan. Kalau aku pribadi lebih menyarankan pake aja Gimp aja, terutama Gimp portable, jika kamu pengguna warnet. Coz blum tentu di warnet itu di install aplikasi Gimp. Soalnya Gimp bisa menympan file dengan ekstensi atau format icon (*.ico) yang nota bene cocok buat kursor :). oh, ya! Ada yang kelupaan, ukuran untuk file kursornya pilih saja 16x16 atau 32x32. kalo aku sendiri sih pakai yang 32x32, biar lebih jelas :)

Okay, sekedar update info. Kalo dulu Kursor yang dipake adalah wajib berekstensi *.Cur atau *.ani, maka sekarang ini kamu bisa menggunakan gambar sebagai kursor. Tapi ingat, ga semua browser bisa menghandle tipe kursor dari gambar. Gunakan saja ektensi *.ico, *.png atau *.gif yang transparan biar kursornya terlihat lebih bagus dan profesional. Untuk mengetahui lebih jelas browser apa saja yang bisa menghandle kursor kreasi pribadi ini, silakan kunjungi http://www.quirksmode.org/css/cursor.html

Step berikutnya adalah upload di webhosting. Kalo kamu ga punya webhosting. Jangan bingung. kamu bisa pake webhosting gratisan seperti 000space.com, adwardspace.com, dll. Tentunya kamu harus daftar dulu sebagai anggotanya. Nah, kalo kamu ga mau ribet cari webhosting, gunakan aja gmail kamu. Kalo kamu punya blog di blogger, tentu kamu punya gmail dunkz..?? Nah pake aja gmail kamu untuk akses http://sites.google.com. Cukup isikan alamat gmail kamu dan password, maka kamu punya webhosting gratis dari google. Google kan baek.. :)

Step terakhir, kamu masuk dalam blog admin kamu (login).

  • Langsung aja menuju "tata letak"
  • Masuk editor HTML blog dengan klik "Edit HTML"
  • Cari kode berikut: <body>
  • Kemudian tambahkan code berikut:
    style="cursor:url('http://sites.google.com/site/ediissetiawan/upload-file/matchinfo.cur'), default;"hingga menjadi:
    <body
    style="cursor:url('http://sites.google.com/site/ediissetiawan/upload-file/matchinfo.cur'), default;">NB: ubah yang berwarna biru dengan URL menuju kursor buatan kamu.
  • Save template kamu and lihat perubahannya.
Cukup simple kan? :) Selamat mencoba ya.. kalo ada yang bingung, tanya aja lewat komentar. Semangat!

0 Response to "Mengganti tampilan kursor di blogger"

Posting Komentar

Pembaca baik dan bijak, meninggalkan jejak untuk perbaikan penulis. Tuliskan komen dan kritik kamu di bawah ini, atau kamu bisa komen via Facebook Comment